Posting Terbaru

Followers

Kamis, 01 Maret 2012

Pengertian Inflasi Secara Jelas

Pengertian inflasi - Pengertian inflasi apa itu pengertian inflasi definisi atau pengertian inflasi adalah inflasi pengertian inflasi adalah suatu   keadaan   di  mana   harga   barang-barang   secara   umum mengalami  kenaikan  dan  berlangsung  dalam  waktu  yang   lama   terus-menerus.  Harga barang yang ada mengalami kenaikan nilai dari waktu-waktu sebelumnya dan berlaku di mana-mana dan dalam rentang waktu yang cukup lama.

Inflasi dapat menyebabkan gangguan pada stabilitas ekonomi di mana para pelaku ekonomi enggan untuk melakukan spekulasi dalam perekonomian. Di samping itu inflasi juga bisa memperburuk tingkat kesejahteraan masyarakat akibat menurunnya daya beli masyarakat secara umum akibat harga-harga yang naik. Selain itu distribusi pendapatan pun  semakin  buruk  akibat   tidak  semua  orang  dapat  menyesuaikan  diri  dengan   inflasi yang terjadi.

Dijelaskan banyak pengertian inflasi yang disampaikan para ahli. Inflasi menurut A.P. Lehnerinflasi adalah keadaan dimana terjadi kelebihan permintaan (Excess Demand) terhadap  barang-barang  dalam  perekonomian  secara  keseluruhan.  Ahli  yang lain  yaitu Ackley memberi pengertian inflasi sebagai suatu kenaikan harga yang terus menerus dari barang dan jasa secara umum (bukan satu macam barang saja dan sesaat).

Sedangkan  menurut  Boediono,  inflasi  sebagai  kecenderungan  dari  harga-harga untuk naik secara umum dan terus menerus. Kenaikan harga dari satu atau dua barang saja   tidak  dapat  disebut   inflasi,  kecuali  bila  kenaikan   tersebut  meluas  kepada   atau mengakibatkan kenaikan sebagian besar dari barang-barang lain.

Inflasi  dapat  di  artikan  sebagai  suatu  proses  meningkatnya  harga-harga  secara umum dan terus-menerus atau inflasi juga merupakan proses menurunnya nilai mata uang secara kontinu. Inflasi adalah proses dari suatu peristiwa, bukan tinggi-rendahnya tingkat harga.  Artinya,   tingkat  harga  yang  dianggap   tinggi  belum   tentu  menunjukkan   inflasi.

Inflasi dianggap terjadi jika proses kenaikan harga berlangsung secara terus-menerus dan saling
pengaruh-mempengaruhi.

Sumber : http://kukusatu.blogspot.com/2012/02/pengertian-inflasi.html

0 komentar

Loading....

Poskan Komentar

Saya sangat mengharapkan komentar dari anda