Posting Terbaru

Followers

Selasa, 01 Mei 2012

Manipulasi String Pascal (Olimpiade Komputer)

Manipulasi String. String adalah data yang berisi sederetan karakter dimana banyakya karakter berubah-ubah sesuai dengan kebutuhan yaitu dari 1 sampai 255 karakter.tipe string yang tidak dinyatakan panjang karakternya dianggap mempunyai 255 karakter.
Bentuk umum dari deklarasi tipe string adlah; tyape pengenal=string[panjang];
keterangan;pengenal;nama tipe data panjang;banyaknya karakter(bilangan bulat)
contoh deklarasi tipe data string:
type kata=string[30];

PROSEDUR STANDAR PADA OPERASI STRING:

1. DELETE
Digunakan untuk membuang\menghapus sejumlah karakter (jumlah karakter yang dibuang ditunjukan oleh nilai integar count)mulai dari posisi tertentu (ditunjukan oleh nilai integar index) dari suatu nilai string(ditunjukan oleh pengenal variebel string s).
Jika posisi index lebih besar dari panjaang string s,maka tidak ada karakter yang akan terhapus.
bentuk umum:DELETE(Var s:string s,index:integar,count:integar);

2. INSERT

Digunakan untuk menyisipi suatu string s(mulai dari posisi yang ditunjukan oleh nilai integar index.

Jika hasil dari penyisipan menjadi string yang panjang lebig dari 255 karakter,maka akan menjadi sampai dengan 255 karakter saja.
Bentuk umum:INSERT(source :string ,var s;string ,index:integer);

3. STR
Digunakan untuk mengubah nilai numerik (ditunjukkan oleh nilai X ) menjadi nilai stirng (ditunjukkan oleh pengenal variabel string S). Nilai X dapat berupa nilai numerik integer maupun nilai numerik real. Hasilnya dapat terformat maupun tidak terformat. Jika width atau decimals disebutkan, maka akan dihasilkan nilai string dengan format panjang tertentu. Nilai width menunjukkan format panjang dari nilai utuh dan nilai decimals menunjukkan format dari panjang nilai dibelakang koma.
Bentuk Umum : STR(x[:width[[:decimals],var S : String);

4. VAL
Digunakan untuk mengubah suatu nilai string (ditunjukkan oleh nilai S) menjadi nilainumerik (ditunjukkan oleh nilai variabel numerik V). Sring harus berisi angka atau tanda plus atau tanda minus jika tidak berarti salah dan letak kesalahannya ditunjukkan pada nilai variabel code. Nilai variabel code akan nol jika tidak ada salah.
Bentuk Umum: VAL(S : string,V,var code);


FUNGSI STANDAR UNTUK OPERASI STRING

1. COPY
Digunakan untuk menyalin sejumlah karakter (jumlah karakter yang disalin ditunjukkan oleh nilai count) mulai dari posisi yang ditunjukkan oleh nilai integer index dari nilai string yang ditunjukkan oleh s.
Nilai yang dihasilkan dari fungsi ini berupa string.
Bentuk Umum : COPY(s : string, index : integer, count : integer);

2. CONCAT
Digunakan untuk merangkai atau menggabungkan beberapa nilai string yang ditunjukkan oleh nilai string S1, S2,...,Sn. Operasi ini sama dengan opersai string +.
Bentuk Umum : CONCAT(S1[,S2,...,Sn]);

3. POS
Digunakan untuk mencari posisi letak dari suatu nilai string (ditunjukkan oleh substr) yang ada didalam nilai string yang lain (ditunjukkan oleh s).
Nilai yang dihasilkan berupa nilai byte yang menunjukkan letaknya. Nilai akan nol jika posisi string yang dicari tidak ada.
Bentuk Umum : POS(substr : string, s :string);

4. LENGTH
Digunakan untuk menghitung panjang atau jumlah karakter yang ada di nilai string yang ditunjukan oleh s.Hasil dari fungsi ini adalah nilai numerik integar positif.
Bentuk umum:LENGTH(s : string);

Sumber : http://ulfahrohmah.blogspot.com/2009/12/manipulasi-string-pada-pascal.html

1 komentar

Fachri Q

assalamu'alaikum wr.wb.
thanks ya, semoga diberikan kmudahan

Loading....

Poskan Komentar

Saya sangat mengharapkan komentar dari anda