Posting Terbaru

Followers

Rabu, 06 Juli 2011

6 Cara Berpromosi di Internet agar Blog Bisnis kita terkenal

cara mempromosikan blog agar mendatangkan kunjungan melimpah
Promosi

Membangun Bisnis Online, kunci keberhasilan dalam bisnis online adalah ketika blog kita mendapat kunjungan dan mendatangkan penjualan di internet. Produk yang hebat saja tidak memberikan jaminan bakal laku terjual apabila tidak dikenal oleh banyak orang. Untuk itulah kita harus melakukan promosi atas produk-produk Anda tersebut. Banyak sekali cara berpromosi yang dapat di gunakan. Ada 6 cara berpromosi yang efektif di internet, yakni :

  1. Promosi Menggunakan Search Engine (Mesin Pencari), Search Engine adalah tempat seseorang mencari apa saja di internet. Cukup dengan mengetikkan informasi yang dinginkannya, maka dalam sekejab Search Engine akan menampilkan daftar alamat website yang menyediakan informasi yang dicari tersebut. Konsep dari cara berpromosi menggunakan search engine adalah Anda berusaha menempatkan alamat website Anda pada halaman-halaman awal (maksimal sampai dengan halaman ke-3) pada hasil pencarian search engine sesuai dengan kata kunci yang Anda bidik (kata kunci adalah kata yang diketikkan oleh pencari pada search engine).  Memang tidak mudah untuk melakukan promosi dengan cara ini. Anda harus mengetahui teknik-teknik yang bisa membuat website Anda tampil pada halaman pertama mesin-mesin pencari tersebut, untuk kata-kata kunci yang kita bidik. Tidak mudah bukan berarti tidak mungkin. Kita bisa mempelajari ilmu SEO (Search Engine Optimization) untuk bisa melakukan promosi dengan cara ini.
  2. Direct Email Marketing, Cara berpromosi yang efektif di internet dapat juga dilakukan melalui email. Syaratnya, kita harus mampu menulis email yang dapat menarik minat pembaca email yang kita tuju. Untuk itu kita harus memperhatikan beberapa hal berikut ini dalam menulis email marketing : Gunakan kata-kata yang sopan tidak menyinggung perasaan pembaca, Berikan informasi yang berguna terlebih dahulu. Jangan langsung melakukan penawaran terhadap produk Anda, Jangan menulis email yang isinya berupa ajakan/bujukan untuk membeli produk kita. Yang terbaik adalah memberikan informasi tentang produk kita, terutama informasi tentang manfaat-manfaat yang bisa didapat dari produk kita. Tulislah email yang isinya relevan dengan target penerima/pembaca email kita, yang perlu kita ingat : jangan sekali-kali mengirim email marketing  ke sembarang alamat email. Di internet, hal ini dikenal sebagai “spam”, dan tindakan spam ini sangat dibenci oleh banyak orang. Karena itu hindarilah. Ada banyak cara yang terpuji dan elegan bagi Anda untuk mendapatkan daftar alamat email yang dapat dikirimi email marketing Anda. Di antaranya adalah : Memperoleh daftar email dari mailinglist/safelist. Membangun sendiri daftar email yang pemiliknya bersedia dikirimi email marketing, Membangun sendiri daftar email ini dikenal sebagai list building. Di sini Anda berupaya untuk mengumpulkan daftar alamat email, di mana pemiliknya bersedia untuk dikirimi email secara berkala oleh Anda. Bila Anda berkunjung di sebuah website dan Anda melihat ada kotak yang meminta kesediaan pengunjung untuk mengisi nama dan alamat email mereka, maka pemilik website tersebut sedang melakukan list building. Biasanya, pengunjung diberitahu terlebih dahulu bahwa dengan memberikan alamat email tersebut maka mereka akan mendapatkan sesuatu yang bermanfaat, misalnya ebook gratis, software gratis, atau informasi-informasi bermanfaat yang akan dikirim secara rutin melalui email. Si pemilik website pun biasanya menjamin keamanan data pemilik email dan berjanji untuk tidak menyalahgunakannya. Bila seseorang setuju untuk memberikan nama dan alamat emailnya, maka data nama dan alamat email tersebut akan disimpan di database pemilik website, dan dapat menjadi prospek. Selanjutnya si pemilik website (pemilik list building) dapat mengatur jadwal pengiriman email marketing kepada prospeknya tersebut. Semua pekerjaan mulai dari menyimpan data nama dan alamat email, lalu mengatur pengiriman email marketing secara terjadwal, biasanya dikerjakan oleh autoresponder.
  3. Promosi Melalui Forum dan Blogwalking Forum di internet, atau biasa juga disebut forum online adalah sebuah tempat diskusi secara online. Forum online ini hampir sama dengan milis group yang sudah kita bahas sebelumnya. Bedanya, diskusi pada milis group menggunakan email, sedangkan diskusi pada forum online menggunakan website yang terhubung ke internet. Beberapa Forum Online memiliki topik diskusi yang spesifik, namun ada beberapa juga yang memiliki berbagai macam topik yang bisa didiskusikan. Sedangkan blogwalking adalah kegiatan mengunjungi blog lain dan meninggalkan komentar pada blog tersebut. Bagaimana kedua hal tersebut dapat menjadi cara berpromosi yang efektif di internet?
  4. Viral Marketing, Viral marketing adalah konsep marketing yang meniru kerja virus komputer yang bisa bekerja sendiri, menyebar dengan cepat dan secara otomatis menginfeksi jutaan komputer di seluruh dunia. Itulah sebabnya viral marketing disebut juga “traffic virus”. Bedanya jika virus komputer ada pihak yang dirugikan, maka viral marketing dapat memberikan keuntungan, baik bagi pihak yang menyebarkannya maupun pihak yang terkena traffic virus. Viral marketing atau traffic virus merupakan konsep “win win solution”. Konsep dasar Viral Marketing adalah mengijinkan orang lain untuk mengunakan produk kita secara gratis. Produk ini bisa berupa ebook, artikel, sofware komputer, software game, ecard, dan lain sebagainya. Selanjutnya pengguna produk Anda tersebut Anda perbolehkan (bahkan menyarankan) untuk juga menyebarkannya dan memberikannya kepada orang lain secara cuma-cuma. Demikian seterusnya hingga produk yang kita gratiskan tersebut menyebar luas ke jutaan pengguna internet bahkan tanpa kita sadari. Ide di balik viral marketing ini adalah dengan mengikutsertakan iklan kita pada produk gratisan kita yang bisa dimiliki atau dipakai orang lain yang juga akan dengan senang hati mau menyebarluaskannya ke orang lain. Bila Anda ingin melakukan promosi dengan cara ini, maka terlebih dahulu Anda perlu menyiapkan produk yang bisa diberikan secara cuma-cuma di internet. Produk yang ingin Anda sebarkan tersebut haruslah betul-betul produk yang berguna bagi banyak orang dan bisa membantu orang lain memecahkan permasalahannya. Memang tidak mudah, tetapi apabila Anda bisa melakukannya, maka dampak dari promosi secara viral ini sangatlah luar biasa. Cara yang paling mudah adalah dengan membuat ebook karena ebook gampang didownload (ukuran file-nya relatif kecil), Anda mudah menyelipkan promosi produk Anda, dan para pengunjung internet rata-rata senang mendownload ebook gratis.
  5. Berpromosi Melalui FacebookHari gini belum punya akun Facebook? pengguna Facebook di seluruh dunia telah mencapai 400 juta orang. Sebuah jumlah yang tidak main-main banyaknya. Bila Anda jeli sebagai seorang internet marketer, tentunya Anda dapat membaca bahwa ini merupakan tempat promosi yang paling potensial. Tidak salah bila dikatakan bahwa berpromosi melalui Facebook merupakan salah satu cara berpromosi yang efektif di internet.
  6. Memasang Iklan Pay Per Click (PPC)Cara keenam berpromosi yang efektif di internet adalah dengan memasang Iklan Pay Per Click (PPC). Iklan PPC adalah jenis iklan yang Anda bayarkan apabila ada orang yang mengklik iklan Anda. Biaya untuk tiap klik tergantung pada penawaran Anda, atau ada juga penyedia layanan iklan PPC yang sudah menentukan besarnya biaya untuk tiap klik-nya. Untuk iklan PPC di Indonesia rata-rata biaya per klik-nya adalah Rp 500. Berpromosi di internet dengan cara ini sangat cocok bagi Anda yang ingin mendapatkan hasil instan atau bagi pedagang/pebisnis pemula di intenet yang belum banyak menguasai cara-cara berpromosi yang efektif di internet. Biayanya memang tidak sedikit. Biasanya penyedia layanan iklan PPC mengharuskan Anda membayar deposit sejumlah minimal Rp 50.000 agar iklan Anda bisa ditampilkan. Namun apabila Anda melakukannya dengan benar, maka hasil yang diperoleh sangatlah sebanding. Beberapa penyedia layanan pemasangan iklan PPC di bawah ini : KlikSaya,  AdSenseCamp, KumpulBlogger,  NegeriAds
Demikianlah 6 cara berpromosi yang efektif di internet untuk blog bisnis, untuk mendatangkan pengunjung melimpah dan bisnis online kita mendapat pembeli

2 komentar

Rezka

MAS MINTA PAKE VIDEO DONG

Aplikasi android

Buat pengguna baru jangan dulu menggunakan iklan pay perklik. habis mahal nanti malah gak balik modal.

Loading....

Poskan Komentar

Saya sangat mengharapkan komentar dari anda