Posting Terbaru

Followers

Powered By Blogger

Jumat, 25 Januari 2013

Membuat Aplikasi Android Dengan Pascal, BISA !


Bagi penggemar Delphi mungkin adalah sebuah harapan bisa membuat aplikasi android dari IDE Delphi. Tetapi kayaknya masih lama karena compiler Delphi yang hanya mendukung prosesor intel x86 series. Sedangkan kita tahu bahwa Android berjalan di platform prosesor ARM
Compiler? Apa itu compiler? Compiler adalah sekumpulan instruksi yang memiliki kemampuan untuk menerjemahkan bahasa pemrograman yang terbaca manusia (high level programming) menjadi kode biner yang hanya dipahami oleh prosesor (low level programming). Nah disinilah mengapa Delphi belum bisa meng-compile source code dalam bahasa Pascal menjadi kode executable yang dimengerti prosesor ARM-Android. Defaultnya, compiler Delphi hanya bisa menghasilkan file executable (*.exe) yang hanya berjalan di platform Windows.
Terus gimana dong? Jangan kuatir, masih ada solusinya. Anda bisa menggunakan Lazarus untuk menghasilkan aplikasi Android menggunakan source code dalam bahasa Pascal. Lazarus adalah IDE versi open source dari Delphi yang dikembangkan komunitas freepascal.org. Jika Anda telah familiar dengan Delphi, maka Anda akan membutuhkan sedikit waktu untuk bermigrasi ke Lazarus. Semua tampilan, fungsi, jendela pendukung, menu, dan sintaks pemrograman bisa dikatakan sama persis dengan Delphi. Mungkin ada sedikit perbedaan dan penyesuaian, namun itu bukanlah sesuatu yang signifikan.
Mengapa Lazarus ini bisa menghasilkan kode executable untuk prosesor ARM-Android? Tak lain tak bukan karena komunitas free pascal telah berhasil menciptakan compiler cross platform yang dinamakan FPC (Free pascal Compiler) PPCCrossARM. Compiler inilah yang tugasnya menerjemahkan source code dalam bahasa Pascal menjadi aplikasi native yang berjalan di platform Android.
Sementara segini dulu pengantar pemrograman Android dengan bahasa Pascal, artikel selanjutnya akan membahas lebih dalam tentang teknik pemrogramannya. Ayo….penggemar Delphi, kini saatnya bermigrasi ke IDE open source :) . Ohya, sebentar lagi buku saya ketiga lahir ke dunia ini, judulnya ‘Pemrograman Android dengan Object Pascal’. Terbitnya sekitar awal januari 2013. So, jangan sampai ketinggalan ya…..he he he

0 komentar

Loading....

Posting Komentar

Saya sangat mengharapkan komentar dari anda