Posting Terbaru

Followers

Sabtu, 19 November 2011

Musuh Daya Ingat Anda !

Dalam upaya meningkatkan daya ingat atau memory kita harus mengenal teknik teknik yang tepat seperti teknik ‘MEMO BRAIN’ SUPERMAP dan teknik teknik lain yang mendukung. Akan tetapi kita harus juga mengetahui apa saja hal hal yang merugikan daya ingat. Mind Map Club Indonesia dalam blognya www.mindmapclubindonesia.blogspot.com mengidentifikasi ada beberapa musuh musuh Memory. Simak berikut ini:

Oleh: Susanto Edy P, Master Coach Int., BLI Official Buzan Licensed Intructor Mind Map.

Bicara ingatan atau Memory tentu mengasyikan dan tiada habisnya. Mulai dari yang merasa daya ingatnya semakin memburuk, sering pelupa bahkan mengarah kepikun! Ini sungguh mengerikan.....

Sebelum kita berlatih untuk meningkatkan teknik mengingat yang baik, dengan teknik Memo Brain dan Mind Map ada baiknya kita mengetahui dulu apa musuh musuh utama dari Ingatan atau Memory.

Musuh Memori yang dianggap berbahaya adalah Pertama WAKTU, ini sungguh bisa menghilangkan sebagian besar atau bahkan semua informasi yang akan kita ingat. Semakin lama jarak waktu menghafal dan mengingat semakin tipis dan kabur juga ingatan kita.

Kedua, STRESS, musuh kedua ini juga sangat kejam dalam melawan Ingatan kita. Semakin stress, kawatir atau tertekan kita semakin kalah juga Memori kita. Ini akibat otak tengah kita menutup akses ke Kortek Otak Kiri  dan Kanan kita. Sehingga ingatan kita mengalami blank spot.

Ketiga, TIDAK PENTING, ini juga merupakan musuh yang berbahaya. Bila kita tidak menganggap apa yang akan kita ingat tidak penting maka otak akan segera meletakkan ingatan kita kedalam kelompok 'STM' atau Short Term Memory. Semakin tidak Penting semakin STM.

Keempat, MAKANAN. Makan juga termasuk minuman juga mempengaruhi daya ingat dan ini juga musuh yang berbahaya. Bila kita memakan dan minum yang berlebih terutama karbohidrat dan gula kita akan mengantuk dan info akan dikesampingkan. Minuman juga sangat penting, dengan sering dan berlebih meminum alkohol atau minuman memabukkan lainnya, dipercayai bahwa ingatan kita akan semakin menurun dan memburuk.

Nah kalau kita sudah bisa mengetahui Musuh musuh utama Ingatan.... yuk kita hindari dan berusaha mendekati pada keadaan ideal untuk mengingat. Teknik Memo Brain dan Mind Map akan menuntuk kita step by step dimulai dari awal bahkan pemula untuk menjadi Pengingat yang baik bahkan tidak menutup kemungkinan untuk menjadi Master Memory nantinya.... Berani terima Tantangan.....?!

0 komentar

Loading....

Poskan Komentar

Saya sangat mengharapkan komentar dari anda