Posting Terbaru

Followers

Powered By Blogger

Jumat, 17 Desember 2010

Soal Tes CPNS 2010

Soal Tes CPNS adalah sebuah tes standar yang dipakai untuk menyeleksi para pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) baik untuk CPNS departemen maupun non departemen. Dari tahun ketahun materi Soal CPNS selalu mengalami perubahan, baik dalam jenis, komposisi, maupun prosentase jumlah soal suatu bidang tertentu terhadap keseluruhan soal.
Sebelum tahun 1990 Soal Tes CPNS berbagai departemen dan non departemen, umumnya hanya berisi Tes Kemampuan Umum. Yakni Pancasila, UUD, Sejarah, Pemerintahan (Tata Negara), Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.
Pada perkembangannya, mulai tahun 1998, Soal Tes CPNS mulai menunjukkan perbedaan. Sejak tahun tersebut mulai muncul soal-soal dari jenis Tes Bakat Skolastik. Soal jenis Tes Bakat Skolastik ini terdiri dari Tes Verbal, Tes Numerik, Tes Logika, dan Tes Spasial. Tes Verbal berfungsi untuk mengukur kemampuan seseorang di bidang kata dan bahasa. Tes ini meliputi tes sinonim (persamaan kata), tes antonim (lawan kata), tes padanan hubungan kata, dan tes pengelompokan kata. Tes numerik berfungsi mengukur kemampuan seseorang di bidang angka, dalam rangka berpikir terstruktur, logis dan matematis. Tes ini meliputi tes aritmetik (hitungan), tes seri angka, tes seri huruf, tes logika angka dan tes angka dalam cerita. Tes logika berfungsi mengukur kemampuan seseorang dalam penalaran dan pemecahan persoalan secara logis atau masuk akal. Tes logika ini meliputi tes logika umum, tes analisa pernyataan dan kesimpulan (silogisme), tes logika cerita dan tes logika diagram. Sedangkan tes spasial, berfungsi mengukur daya logika imajinasi ruang (gambar) yang dimiliki seseorang. Tes ini terdiri dari tes padanan hubungan gambar, tes seri gambar, tes pengelompokan gambar, tes bayangan gambar dan tes identifikasi gambar
Dan akhirnya, mulai tahun 2005 sampai dengan sekarang, Soal Tes CPNS baik departemen maupun non departemen, umumnya telah menambahkan jenis soal baru, yakni Tes Skala Kematangan. Tes Skala Kematangan yang diujikan dalam tes CPNS sesungguhnya adalah sebuah tes psikologi yang mengukur tingkat kedewasaan (kematangan sikap) seseorang dalam bertindak ketika dihadapkan pada situasi tertentu. Dalam Ilmu Psikologi, Tes Skala Kematangan merupakan adaptasi dari Maturity Test atau Test of Adultness. Para psikolog yang mengembangkan Maturity Test ini antara lain  Dr.Robert Epstein, seorang psikolog Amerika yang meraih gelar PhD bidang Psikologi dari Universitas Harvard pada tahun 1981. Epstein adalah profesor dan peneliti ilmu psikologi, yang mendirikan Cambridge Center for Behavioral Studies di Massachusetts Amerika. Epstein juga merupakan peneliti dan Profesor pada California School of Professional Psychology, sekaligus mengajar di National University, Boston University, the University of Massachusetts at Amherst, the University of California San Diego, and the HAL College of Technology and Design (Japan).
Materi Tes Skala Kematangan yang diujikan dalam Ujian Tes CPNS lebih menekankan aspek-aspek kedewasaan tertentu yang paling dibutuhkan oleh sosok seorang pegawai bangsa (pegawai negeri). Aspek kedewasaan yang sering diujikan dalam Tes Skala Kematangan CPNS tersebut adalah aspek integritas, aspek kejujuran, aspek tanggung-jawab, aspek kemampuan beradaptasi, aspek pengendalian diri, aspek semangat berprestasi, aspek inisiatif, aspek kreatifitas kerja, aspek ketekunan, aspek penghargaan terhadap orang lain, aspek ketegasan, aspek kepercayaan diri, aspek toleransi, aspek kepedulian lingkungan, dan aspek efisiensi kerja.
Berdasarkan perkembangan pola Soal Tes CPNS dari tahun ke tahun dapat dicermati satu hal. Yaitu prosentase jumlah soal Tes Bakat Skolastik dan Tes Skala Kematangan cenderung naik, sementara prosentase jumlah soal Tes Pengetahuan Umum cenderung menurun. Untuk keterangan lebih lengkapnya, silakan klik menu disamping.

4 komentar

Filme porno

hello.. if you are interested in a linkexchange please visit my website and add your link to automatic and instant linkexchange

Anonim

wah soalnya mana mas

rrdg

hahahhaa

Anonim

kbnyakan ngomong,,soalnya gak d kasih dech...kelupaan mungkin yee........

Loading....

Posting Komentar

Saya sangat mengharapkan komentar dari anda