Posting Terbaru

Followers

Senin, 27 Desember 2010

Sistem Pencernaan Makanan

Makanan dan Zat Makanan

Hewan maupun manusia memperoleh zat makanan yang berasal dari tumbuhan dan hewan lain. Zat makanan adalah unsur-unsur yang terkandung dalam makanan atau bahan rnakanan. Sedangkan bahan
makanan adalah segala sesuatu yang diolah menjadi makanan. Satu macam bahan makanan saja tidak dapat memenuhi semua kebutuhantubuh terhadap berbagai zat makanan, karena masing-masing bahan makanan mengandung zat makanan vang berbeda-beda baik macamnya maupun jumlahnya.
           Pada dasarnya, tidak ada satu bahan makanan yang mengandung semua zat makanan secara lengkap dan dalam jumlah yang mencukupi kebutuhan tubuh. Olehr karena itu, manusia memerlukan berbagai macam bahan makanan untuk menjamin semua zat makanan vang diperlukan tubuhnva terpenuhi sehingga dapat melangsungkan
proses-proses biokimia di dalam tubuh.
           Makanan yang kita makan memiliki fungsi yang penting di dalam tubuh, adapun fungsi makanan di dalam tubuh kita, antara lain:
1) sebagai sumber enegi
2) sebagai sumber pembangun tubuh (untuk pertumbuhan dan perkembangan).
3) mengganti sel-sel atau jaringan yang rusak,
4) menjaga keseimbangan cairan tubuh,
5) menjaga sistem kekebaian tubuh dari serangan penyakit.
6) memelihara keberlangsungan terjadinya reaksi-reaksi biokimia dalam tubuh (mempertahankan homeostasis).
Unsur makanan vang diperlukan oleh tubuh manusia tidak kurang dari 40 macam. Dari bermacam-macam unsur makanan tersebut dapat dibedakan rnenjadi enam unsur dasar, yaitu karbohidrat, protein, lemak, garam mineral , vitamin dan air.

Artikel dalam kategori "Sistem Pencernaan Makanan 11.2"

Ada 3 artikel dalam kategori ini.

0 komentar

Loading....

Posting Komentar

Saya sangat mengharapkan komentar dari anda